16  Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dan 6 Cara Pencegahannya

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras – Banyak sekali masalah gigi dan mulut yang dihadapi oleh masyarakat misalnya bau mulut dan salah satunya adalah karang gigi. Karang gigi adalah plak gigi yang keras dan berwarna cokelat maupun kekuningan yang mana terbentuk dikarenakan bakteri di dalam mulut bercampur dengan sisa makanan yang tidak terbersihkan secara sempurna. Bagi yang malas sikat gigi karang gigi ini mudah terbentuk dikarenakan sisa makanan di dalam gigi yang terus menumpuk. Ciri munculnya karang gigi di dalam mulut adalah permukaan gigi yang terasa keras dan tebal dibandingkan permukaan gigi yang normal. Simak beberapa tips menghilangkan karang gigi berikut ini:

Kulit Jeruk

Cara menghilangkan karang gigi yang pertama adalah menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk selama ini bermanfaat untuk menghilangkan kulit mata kaki yang menghitam, memutihkan gigi bahkan bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bahan- bahannya dapat dengan mudah Anda temukan di rumah. Menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan kulit jeruk sangat mudah sekali. Anda tinggal menggosokkan kulit jeruk yang berwarna putih ke bagian gigi Anda yang memiliki karang. Lakukanlah cara ini malam hari setiap mau tidur dan tanpa dibilas. Sayangnya cara ini tidak disarankan bagi pemilik gigi yang sensitif hal itu dikarenakan setiap kali kulit jeruk digosokkan akan menyebabkan gigi yang ngilu. Tidak hanya kulit jeruk sama namun semua buah, makanan dan minuman yang mengandung citrus tinggi tidak disarankan bagi pemilik gigi sensitif.

Baking Soda

Selanjutnya Anda juga dpaat  menggunakan baking soda. Bukan rahasia lagi jika baking soda yang digunakan sebagai bahan pembuatan kue ini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan rambut. Selain bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi dan penghilang ketombe, baking soda bisa digunakan sebagai pembersih karang gigi.  Anda tidak perlu datang ke dokter gigi untuk membersihkan plak gigi, sebab kini Anda bisa melakukan cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah menggunakan baking soda. Cara pembersihannya pun sangat mudah sekali, siapkan sebanyak satu sendok teh baking soda ke dalam gelas, kemudian campurkan dengan setengah sendok teh air dan campur supaya menjadi pasta kental. Oleskanlah baking soda tersebut menggunakan sikat gigi ke bagian kerak gigi. Diamkan selama 10 menit lamanya dan biarkan baking soda meresap. Bilas menggunakan air bersih dengan cara berkumur.

Yang harus diingat di sini adalah jangan mendiamkan baking soda lebih dari 10 menit sebab tidak akan bagus untuk kesehatan gigi. Selain itu jangan digunakan terlalu sering sebab kandungan dalam baking soda bisa mengikis permukaan gigi dan justru akan membuat gigi keropos. Lakukan hanya satu kali seminggu. Jika dilakukan dengan benar meskipun baru sekali, Anda sudah akan merasakan perbedaannya dimana lapisan kerak gigi tersebut menjadi lebih menipis dibandingkan sebelumnya.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan plak gigi yang cukup efektif. Khasiat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi dikarenakan kandungan pada lidah buaya yang sangat banyak. Banyak penelitian yang dilakukan terhadap lidah buaya ini dan banyak fakta mengagumkan didapatkan dimana lidah buaya ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut, kulit dan gigi.  Untuk mengaplikasikannya sangat mudah sekali,  Anda tinggal mengoleskan gel putih lidah buaya ke bagian karang gigi yang sudah mengeras. Lakukan cara ini sebelum tidur dan biarkan sampai pada pagi hari. Saat bangun tidur segeralah gosok gigi Anda menggunakan pasta gigi biasa. Lakukanlah secara teratur agar lapisan pada karang gigi semakin menipis kemudian hilang.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara membersihkan karang gigi secara alami juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Banyak yang tidak sadar jika makanan yang di konsumsinya memicu tubuh menjadi asam dan tidak sehat untuk kesehatan. Gaya hidup yang kurang sehat bisa berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh salah satunya penyakit gigi dan mulut. Oleh sebab itu agar kesehatan gigi, mulut dan tubuh terjaga sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah yang mengandung banyak vitamin C seperti apel, jeruk nenas, kiwi dan stroberi. Hal itu dikarenakan apel dan stroberi bisa membuat kotoran di gigi seperti plak dan karang gigi menjadi hilang. Untuk sayuran bisa mengonsumsi wortel dan daun seledri yang terbukti bisa menyehatkan gigi dan mulut. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan juga harus diimbangi dengan mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dan pemecahan energi, vitamin dan mineral menjadi sempurna.

Keju

Keju adalah produk olahan dari susu. Selama ini susu dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, namun siapa sangka jika keju ini  juga bisa digunakan sebagai penghilang kerak gigi. Rasanya yang gurih membuat keju cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan seperti pizza, rissoles, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan mengunyah keju bakteri pada gigi akan mati, sehingga jika dikonsumsi secara teratur bisa dipastikan tulang dan gigi akan menjadi sehat. Memang membersihkan karang gigi, gigi dan tulang yang sehat tidak bisa didapatkan dengan cara instan, namun rasa keju yang enak akan membuat Anda tidak bosan untuk melakukannya sehingga lama kelamaan Anda akan merasakan manfaatnya.

Biji Wijen

Biji wijen sangat bagus untuk kesehatan, oleh sebab itu tidak mengherankan jika biji wijen banyak digunakan untuk ramuan herbal kesehatan. Bahkan wijen pun kini bisa di ekstrak menjadi minyak. Minyak wijen sangat bagus untuk kesehatan karena tidak mengandung lemak jenuh seperti minyak dari kelapa sawit, sehingga harga untuk 100 ml minyak wijen bisa berkali-kali lipat dibandingkan minyak kelapa sawit. Cara pembersihannya pun mudah saja Anda tinggal mengunyah biji wijen menggunakan gigi yang terdapat karang giginya. Jika gigi sebelah kiri yang ada karangnya maka kunyahlah menggunakan gigi kiri. Setelah dikunyah selama 3 sampai 5 menit jangan menelan biji wijen tersebut. Kemudian bilaslah gigi Anda menggunakan sikat gigi yang kering tanpa air dan tanpa pasta gigi.

Cuka Apel

Membersihkan kerak gigi yang membandel bisa dengan menggunakan cuka apel. Rasanya yang asam dipercaya bisa digunakan untuk meruntuhkan kerak gigi yang mengeras. Sudah banyak orang yang membuktikan keefektifan cuka apel untuk membersihkan karang gigi yang membandel ini. Cuka apel yang terbuat dari apel asli tidak akan memiliki efek samping asalkan tahu cara mengaplikasikannya. Cara menghilangkan kerak gigi dengan cuka apel pun sangat mudah yaitu Anda tinggal mengganti pasta gigi Anda dengan cuka apel kemudian gosok gigilah seperti biasanya. Jangan menggosok terlalu keras sebab bisa merusak enamel gigi.

Teh Hitam

Teh hitam merupakan minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya. Harganya pun paling murah dibandingkan dengan teh hijau dan juga putih.  Teh hitam tidak hanya menyegarkan saja namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan yang tinggi meskipun kadarnya tidak setinggi dengan teh hijau.

Untuk bisa menghilangkan karang gigi ini pun mudah sekali, yaitu dengan menggunakan teh hitam tanpa gula untuk berkumur. Setelah berkumur beberapa menit, muntahkan teh tersebut dan jangan meminumnya. Kandungan senyawa antibiotik pada teh hitam tersebut mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut dan juga karang gigi di dalam mulut. Cara ini tidak akan menimbulkan efek samping sehingga semakin sering dilakukan maka karang gigi juga bisa menghilang dengan cepat. Lakukanlah cara ini sebanyak dua kali dalam sehari setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Makanan Pedas

Tips cara merontokan karang gigi yang lain adalah mengonsumsi makanan pedas. Tentu Anda merasa aneh apa hubungan antara makanan pedas dengan karang gigi tersebut. Memang karang gigi bisa dihilangkan dengan makanan pedas karena saat mengonsumsi makanan pedas sekresi air liur akan semakin bertambah, ketika bertambah maka kelenjar ludah pun akan bertambah. Akibatnya gusi dan gigi pun bisa  dibersihkan dengan kelenjar air ludah tersebut. Karang gigi yang mengeras pun menjadi hilang karena air liur tersebut. Tentunya bagi penyuka makanan pedas hal ini menjadi kabar yang menggembirakan sebab selain bisa mengonsumsi makanan pedas favoritnya, kebersihan gusi dan gigi pun menjadi terjaga. Namun yang harus diperhatikan di sini adalah tidak semua orang bisa menerapkan cara ini. Pemilik penyakit maag dan asam lambung tidak disarankan untuk mengonsumsinya dikarenakan bisa memicu reflux asam.

Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah-rempah khas Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari cengkeh ini banyak digunakan untuk mengharumkan masakan dan juga kue kering. Aromanya yang khas membuat cengkeh ini bisa menambah cita rasa makanan. Selama ini cengkeh maupun minyaknya bisa digunakan untuk kesehatan salah satunya adalah untuk menghilangkan karang gigi. Cara bersihkan karang gigi dengan cengkeh pun sangat mudah sekali Anda tinggal mengunyah cengkeh sebanyak satu sendok makan menggunakan gigi yang ada plaknya. Lama mengunyah berkisar antara 10 sampai dengan 15 menit. Lakukanlah cara ini secara teratur agar karang gigi bisa hilang dari gigi secara sempurna.

Biji Asam Kawak

Asam jawa dengan asam kawak sama. Asam jawa selama ini dikenal sebagai tanaman herbal yang berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan. Rasanya yang asam pun sering dijadikan sebagai minuman kesehatan karena rasanya yang menyegarkan. Untuk melakukannya, Anda dapat menyiapkan biji asam kawak atau asam jawa sebanyak 10 gram. Sangrai biji asam jawa yang sudah dibersihkan dari dagingnya sampai warnanya cokelat agak kehitaman. Setelah disangrai Anda bisa menghaluskan biji asam jawa tersebut. Untuk bisa menghaluskannya Anda bisa dengan memblendernya atau menumbuknya.

Agar bubuk biji asam jawa benar-benar halus, Anda bisa menyaringnya menggunakan saringan. Bubuk biji asam jawa yang tidak halus atau lembut bisa dihaluskan dengan blender kembali. Oleskan serbuk biji asam jawa tersebut ke bagian karang gigi yang mengeras. Diamkanlah minimal selama 5 menit, kemudian bilas dengan cara berkumur. Lakukanlah cara ini secara rutin sebanyak dua sampai dengan tiga kali dalam seminggu agar kerak gigi atau plak gigi menjadi menghilang.

Tomat

Tomat tidak hanya berguna untuk kecantikan saja namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Selama ini wanita banyak yang menggunakan tomat untuk mencerahkan wajahnya namun siapa sangka jika tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah membandel. Kandungan vitamin C pada tomat ini sangat berguna untuk menghilangkan bakteri dan kuman penyebab bau mulut dan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan tomat sangat mudah sekali Anda tinggal mengiris tomat tersebut tipis-tipis. Setelah diris tipis, segera oleskan tomat tersebut pada karang gigi. Diamkanlah selama beberapa menit. Agar hasilnya menjadi lebih maksimal, kumurlah dengan larutan baking soda. Cukup lakukan cara ini sebanyak satu kali dalam seminggu agar gigi menjadi tidak keropos.

Siwak

Jika karang gigi masih tetap saja membandel, Anda bisa mencoba untuk mengganti sikat gigi Anda. Gunakanlah siwak untuk menyikat gigi selama karang gigi masih membandel melekat pada bagian gigi. Siwak adalah ranting tanaman miswak yang sangat bagus digunakan untuk kesehatan gigi dan gusi. Untuk bisa mendapatkannya kini siwak banyak dijual di toko online yang ada di Indonesia.

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Bahan Kimia

Jika cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami di atas tidak juga membuahkan hasil, Anda bisa mencoba dengan beberapa bahan yang mengandung kimia. Berikut ini adalah bahan kimia yang bisa digunakan sebagai pembersih karang gigi yang efektif:

Pasta Gigi Fluoride

Untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras Anda bisa mencoba untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasta gigi dengan kandungan fluoride tersebut biasanya digunakan sebagai penguat gigi dan pencegah gigi yang berlubang. Sedangkan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras tersebut Anda bisa mengoleskan pasta gigi yang mengandung fluoride pada karang gigi yang sudah mengeras kemudian didiamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan cara berkumur. Pasta gigi dengan kandungan fluoride juga bisa digunakan sebagai perlindungan gigi dan gusi dari bakteri penyebab plak dan juga bau mulut.

Pasta Gigi Triclosan

Selain menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung triclosan. Pasta gigi yang ada triclosannya mengandung antibiotik sehingga nantinya bisa digunakan sebagai pencegah bakteri dan juga kuman yang tumbuh di dalam mulut. Gosok gigilah secara teratur dengan menggunakan pasta gigi triclosan agar karang gigi menjadi menghilang.

Seng Sitrat

Bahan kimia yang bisa digunakan untuk mengatasi karang gigi yang membandel adalah seng sitrat. Caranya dengan menjadikan seng sitrat tersebut pasta, kemudian dioleskan pada karang gigi yang membandel. Lakukan cara ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

6 Cara Mencegah Terbentuknya Plak Dan Karang Gigi

Setelah anda mendapatkan informasi tentang cara menghilangkan karang gigi secara alami, namun ada baiknya jika kita melakukan pencegahan terjadinya plak dan karang gigi terlebih dahulu karena dari sisi biaya tentunya akan lebih ekonomis jika kita melakukan pencegahan dari pada mengobati.

Berikut ini beberapa tips cara mencegah terbentuknya plak dan karang gigi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Rutin Memeriksakan Gigi

Selalu memeriksakan rutin secara berkala gigi anda secara rutin kepada dokter gigi adalah kebiasaan baik yang harus dipertahankan agar kesahatan mulut dan gigi anda selalu terjaga.

Pilihlah Sikat Gigi Yg Benar

Selain berhubungan dengan kenyamanan pada saat menyikat gigi, pemilihan bulu sikat gigi yang lembut menurut penelitian sangat efektif menyingkirkan plak. Hindari pemilihan bulu sikat yang keras karena selain kurang nyaman saat digunakan, juga kurang efektif untuk mengangkat sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi anda sehingga jika dibiarkan kejadian tersebut berlarut-larut dapat membentuk plak bahkan karang gigi. Gantilah sikat gigi anda lebih kurang 3-4 bulan sekali karena pada rentan waktu tersebut adalah tingkat keefektifan sikat gigi yang kita gunakan.

Sikat Gigi Secara Rutin.

Pastikan kesehatan gigi dan mulut anda selalu terjaga dengan melakukan sikat gigi secara teratur minimal dua kai dalam sehari, yaitu malam hari sebelum tidur dan pagi hari saat mandi pagi. Banyak para ahli menyarankan sebaiknya waktu ideal menyikat gigi berkisar antara 2- 3 menit dan tentunya mengikuti cara menyikat gigi yang benar.

Flossing Gigi

Flossing adalah cara membersihkan gigi dari sisa – sisa makanan dan plak dengan menggunakan benang gigi dengan cara membersihkan kotoran tersebut yang terdapat diantara gigi.

Hilangkan Kebiasaan Merokok

Hampir diantara kita pasti tahu bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita. Ternyata kebiasaan merokok ikut andil juga terhadap penyakit gusi, infeksi gigi dan pembentukan plak karena asap dari rokok dapat mempercepat terjadinya karang gigi.

Konsumsi Air Tawar

Selain kebiasaan baik dengan mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas perhari bagi metabolisme tubuh kita, juga erat kaitannya dengan kesehatan mulut dan gigi anda karena dengan meminum cukup air tawar akan membersihkan sisa makan dan plak yang menempel pada permukaan enamel gigi kita.

Membersihkan kerak gigi yang membandel tidak bisa secara instan namun diperlukan ketelatenan dan kesabaran dalam melakukannya. Jika ingin membersihkan karang gigi secara instan Anda bisa datang ke dokter gigi, namun akan ada efek samping yang bisa Anda dapatkan yaitu gigi yang ngilu sehabis karang gigi tersebut dibersihkan. Bagi yang takut dengan efek samping membersihkan karang gigi di dokter gigi, Anda bisa mencoba cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami maupun kimia seperti yang sudah dijelaskan diatas, yang terbukti efektif dan murah meriah.

16  Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dan 6 Cara Pencegahannya | sehatitu | 4.5