5 Alternatif dan Cara Membersihkan Karang Gigi yang Tebal

Ada banyak cara membersihkan karang gigi yang tebal dengan menggunakan bahan alami yang dapat dicoba. Hal ini karena karang gigi menjadi musuh utama setiap orang, terutama mereka yang jarang membersihkan gigi. Padahal apabila karang gigi dibiarkan terlalu lama, maka akan menimbulkan efek bau mulut tak sedap hingga gigi berlubang. Parahnya, karang gigi juga dapat membuat gusi berdarah dan kanker mulut. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa alternatif dalam menghilangkan karang gigi yang dapat Anda coba lakukan.

Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Untuk menghilangkan karang gigi, baking soda memang telah terbukti ampuh membersihkan karang gigi secara maksimal. Hal ini karena terdapat sifat abrasif pada baking soda sehingga karang gigi yang sudah tebal atau mengeras sekalipun dapat dihilangkan dengan mudah. Lantas bagaimana caranya?

Pertama, oleskan baking soda pada bagian karang gigi yang telah mengeras. Biarkan selama 2 menit. Setelah itu, gosok gigi dengan pasta gigi dan berkumurlah hingga sisa baking soda yang masih menempel di gigi hilang. Namun jangan terlalu sering menggunakan baking soda sebagai pembersih karang gigi. Cukup gunakan seperlunya saja. Apabila karang gigi sudah hilang, maka jaga kebersihan gigi agar tidak muncul karang atau plak pada gigi.

Gunakan Lidah Buaya

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah lidah buaya dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi yang telah mengeras? Tentu saja! Selain berkhasiat untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat mengikis karang gigi tebal. Adapun cara menghilangkan karang gigi dengan lidah buaya adalah dengan mengambil bagian gel lidah buaya. Gunakan gel lidah buaya untuk menggosok bagian karang gigi pada malam hari. Esoknya, bersihkan dengan menggosok gigi dan berkumur. Dengan penggunaan rutin, maka cara ini dapat membantu menghilangkan karang gigi yang membandel.

Mengunyah Keju

Cara selanjutnya adalah dengan mengunyah keju. Hal ini karena keju memiliki kalsium yang sangat tinggi sehingga selain dapat menghilangkan karang gigi, keju juga dapat mencegah terjadinya keropos pada email gigi. Saat mengunyah keju, maka air ludah akan terangsang untuk keluar sehingga secara perlahan dapat mengikis karang gigi. Selain itu, bakteri yang ada pada karang gigi pun dapat musnahkan dengan keju. Itulah cara kerja keju sebagai pembersih karang gigi.

Berkumur Menggunakan Teh Hitam

Tak hanya memiliki rasa yang segar, teh hitam ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk kesehatan gigi. Hal ini karena terdapat kandungan senyawa antibiotik, analgetik, dan antioksidan yang tinggi pada teh hitam. Adapun cara menggunakannya untuk membersihkan karang gigi tebal adalah dijadikan sebagai obat kumur. Dengan penggunaan rutin, maka karang gigi akan cepat rontok.

Melakukan Scalling

Selain menggunakan cara alami dalam menghilangkan karang gigi di atas, Anda juga dapat pergi ke dokter untuk melakukan scalling. Saat pergi ke dokter, biasanya mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi serta gusi. Hal ini agar saat proses scalling dilakukan, tak ada gigi atau gusi yang terluka. Dengan bantuan alat kesehatan canggih seperti ultrasonic scaller, maka karang gigi yang tebal sekalipun dapat dihilangkan sekejap. Mengenai biaya membersihkan karang gigi pada rumah sakit atau puskesmas, harganya beragam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 tergantung kondisi karang gigi yang akan dibersihkan.

Setelah mengetahui beberapa alternatif dalam membersihkan karang gigi seperti di atas, kini saatnya Anda memilih menggunakan bahan alami atau langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Demikian sedikit ulasan tentang cara membersihkan karang gigi yang tebal.

5 Alternatif dan Cara Membersihkan Karang Gigi yang Tebal | sehatitu | 4.5