6 Cara Menghancurkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Cara menghancurkan karang gigi secara alami dibutuhkan bagi mereka yang ingin memiliki gigi sehat berseri. Sebagai informasi, plak atau karang gigi terbentuk dari sisa makanan dan kotoran yang tertumpuk pada gigi. Biasanya kotoran tersebut diakibatkan karena seseorang jarak gosok gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Apabila dibiarkan terus menerus, maka karang gigi akan menyebabkan gigi berlubang dan rusak. Untuk itu, ada beberapa cara dalam menghilangkan plak atau karang gigi yang harus Anda ketahui.

Kayu Siwak

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan kayu siwak. Kayu siwak berasal dari akar atau dahan pohon arok dengan nama latin salvadora persica. Sudah banyak tempat yang menyediakan siwak. Cara menggunakannya adalah dengan menggosok secara menyeluruh pada bagian gigi. Dengan penggunaan rutin, maka sedikit demi sedikit kotoran dan karang gigi akan hancur. Untuk hasil terbaik, setelah menggosok gigi dengan kayu siwak, lanjutkan dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride.

Strawberry

Strawberry dikenal sebagai buah dengan rasa asam yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Buah yang satu ini pun dapat membantu menghilangkan karang gigi. Bagaimana cara menggunakannya?

Ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama adalah mengunyah strawberry secara langsung dan meratakan strawberry pada bagian gigi yang susah dijangkau menggunakan lidah. Setelah itu, diamkan sejenak sebelum berkumur. Cara kedua yakni menghancurkan strawberry dalam sebuah wadah dan menggunakannya untuk pasta gigi. Cukup oleskan pasta gigi dari strawberry pada sikat gigi dan gunakan untuk menggosok gigi. Setelah itu, bersihkan gigi dengan cara berkumur menggunakan air hangat dan dilanjut dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi.

Cengkeh

Cara menghilangkan karang gigi yang ketiga adalah dengan cengkeh. Selama berabad-abad cengkeh terkenal sebagai pembersih alami plak dan karang gigi. Tak hanya itu saja, cengkeh juga dapat membuat nafas lebih segar.

Cara menggunakannya adalah cukup gosokkan batang cengkeh pada bagian gigi secara merata, terutama pada karang gigi. Cara lain yang juga dapat dilakukan yakni dengan menumbuk sekitar 40 – 50 gram biji cengkeh. Selanjutnya gosokkan tumbukan biji cengkeh pada karang gigi dengan menggunakan kapas atau sikat gigi. Diamkan selama 1 hingga 2 menit dan berkumurlah.

Kulit Buah Tomat

Seperti halnya strawberry, ternyata tomat juga mampu menghilangkan karang gigi secara efektif. Adapun cara menggunakannya adalah ambil kulit buah tomat. Setelah itu, gosokkan pada gigi yang berkarang dengan gerakan dari atas ke bawah. Selanjutnya diamkan selama 3 hingga 5 menit sebelum dibilas dengan air. Untuk hasil maksimal, gunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam agar karang gigi yang rontok dapat dibilas dengan bersih.

Getah Buah Sukun

Siapa sangka getah buah sukun dapat digunakan sebagai cara menghilangkan plak pada gigi secara alami? Bahan yang satu ini memang telah turun temurun digunakan untuk pembersih gigi dari karang dan plak. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup oleskan getah buah sukun pada bagian karang gigi. Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, gosoklah gigi dengan pasta gigi dan berkumur menggunakan air hangat.

Kulit Jeruk

Kulit dari buah yang kaya vitamin C ini pun ternyata dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Tak hanya buahnya, ternyata kulit jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang ampuh dalam membersihkan karang gigi. Untuk hasil maksimal, gunakan kulit jeruk santang atau jeruk bali. Caranya, gigit dan gosok kulit jeruk pada gigi berkarang. Lakukan ini pada malam hari. Esoknya gosok gigi dengan pasta gigi untuk membersihkan sisa serat kulit jeruk yang masih menempel.

Itulah beberapa cara menghancurkan karang gigi dengan bahan alami dan mudah didapatkan.

6 Cara Menghancurkan Karang Gigi dengan Bahan Alami | sehatitu | 4.5