6 Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Harus ke Dokter

Seperti yang kita tahu, cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter sangat beragam. Ada yang menggunakan bahan alami ada pula yang memanfaatkan bahan seperti soda kue. Cara tersebut terbukti ampuh merontokkan karang gigi dengan maksimal. Untuk Anda yang penasaran dengan langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, simak ulasan berikut.

Menggosok Gigi dengan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Cara yang pertama adalah dengan rajin menggosok gigi. Hal ini untuk mencegah munculnya terbentuknya plak dan karang gigi. Setidaknya Anda harus menggosok gigi selama 2 kali sehari dan minimal selama 2 menit. Namun apabila gigi terlanjur terserang karang gigi, maka gunakan pasta gigi mengandung fluoride. Hal ini karena fluoride dapat menghilangkan karang gigi sedikit demi sedikit sekaligus mencegah munculnya plak di gigi

Menggunakan Benang Gigi

Cara membersihkan karang gigi yang kedua adalah dengan dental floss atau benang gigi. Benang yang digunakan tentu saja bukan benang sembarangan, namun benang gigi khusus yang didapatkan dari puskesmas, rumah sakit, atau apotik. Dengan menggunakan benang gigi, maka kotoran atau karang gigi yang tak dapat terjangkau selama menggosok gigi dapat dihilangkan dengan mudah.

Menggunakan Mouthwash

Cara selanjutnya adalah dengan obat kumur atau mouthwash. Untuk Anda yang ingin membersihkan karang gigi dengan obat kumur, sebaiknya pilih mouthwash yang mengandung flouride, zinc citrate, dan triclosan. Penggunaan obat kumur tentu saja digunakan setelah menggosok gigi atau benang gigi. Dengan obat kumur, maka karang gigi yang rontok dapat dibersihkan sehingga pembersihan karang gigi dapat berlangsung optimal.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda terkenal sebagai bahan pembersih karang gigi alami yang terbukti ampuh dalam merontokkan karang gigi. Hal ini karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan sehingga karang gigi yang telah mengeras pun dapat dihilangkan. Untuk hasil maksimal, gunakan pula perasan air lemon. Bagaimana caranya?

Pertama, tuangkan perasan air lemon dan seperempat sendok makan baking soda pada sebuah wadah. Setelah itu, aduk hingga membentuk pasta. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi, terutama pada bagian karang gigi. Untuk hasil terbaik, gosok gigi minimal selama 2 menit menggunakan pasta tersebut.

Menggunakan Kulit Jeruk

Cara menghilangkan karang gigi secara alami yang kelima adalah dengan kulit jeruk. Ini adalah cara tradisional yang juga dilakukan oleh orang-orang jaman dahulu. Caranya, bersihkan kulit jeruk dengan air. Setelah itu, gosokkan kulit jeruk pada bagian karang gigi. Setelah itu, diamkan selama 30 menit hingga 60 menit untuk hasil maksimal. Langkah yang terakhir adalah berkumurlah dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin agar karang gigi perlahan terkikis.

Kunyah Daun Sirih

Anda mungkin sadar, bahwa nenek-nenek jaman dahulu suka mengunyah daun sirih. Hal ini karena menurut penelitian, daun sirih dapat membuat gigi kuat sekaligus menghilangkan plak dan karang gigi. Meskipun apabila digunakan terlalu sering, daun sirih akan membuat gigi agak menguning. Untuk itu, cukup kunyah daun sirih secukupnya saja, setidaknya 2 hari sekali selama 30 menit. Caranya, ambil selembar daun sirih dan haluskan. Setelah itu kunyah hingga hancur dan biarkan sebelum berkumur.

Dengan menggunakan cara di atas, maka Anda tak perlu lagi takut terserang karang gigi. Itulah sedikit ulasan tentang cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter, semoga bermanfaat.

6 Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Harus ke Dokter | sehatitu | 4.5