8 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi dengan Campuran Baking Soda dan Bahan Lainnya

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda – Baking soda merupakan salah satu bahan aditif yang digunakan sebagai bahan pengembang kue. Di samping kegunaannya dalam mengembangkan kue, baking soda ini terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan juga berguna untuk kecantikan. Selain bisa digunakan sebagai pemutih gigi, baking soda ini bisa digunakan sebagai penghilang karang gigi. Karang gigi adalah penumpukan plak gigi yang terjadi di dalam mulut. Plak gigi sendiri akan terbentuk dikarenakan penumpukan bakteri di dalam mulut akibat sisa makanan yang belum dibersihkan. Ketika sudah lama di dalam mulut maka plak gigi tersebut akan mengeras dan karang gigi akan muncul. Gosok gigi biasa saja tidak akan bisa membersihkan karang gigi ini sehingga dibutuhkan cara khusus agar karang gigi menjadi hilang. Simak beberapa cara menghilangkan karang gigi menggunakan baking soda paling efektif berikut ini:

Pasta

Cara menghilangkan kerak gigi yang pertama menggunakan baking soda adalah dengan menggunakan baking soda itu sendiri. Tanpa bahan tambahan lainnya sebenarnya baking soda tersebut sudah ampuh untuk menghilangkan kerak gigi atau karang gigi yang membandel. Sayangnya ada yang enggan untuk mengaplikasikan pasta baking soda tanpa bahan lainnya dikarenakan rasanya yang sedikit aneh di dalam mulut. Oleh sebab itulah banyak yang mencampurkannya dengan bahan alami lainnya agar rasannya sedikit berubah. Namun bagi Anda yang tidak mempermasalahkan rasa dari baking soda tersebut bisa membuat pasta dari baking soda yang berguna untuk penghilang karang gigi.

Untuk membuat pasta baking soda ini sangat mudah sekali. Anda tinggal menyiapkan baking soda satu sendok makan dicampur dengan setengah sendok makan air. Setelah itu campur kedua bahan tersebut secara merata. Gunakan pasta baking soda tersebut sebagai pengganti pasta gigi untuk sikat gigi. Sayangnya Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi dari baking soda tersebut setiap hari. Gunakanlah sebanyak dua kali dalam sehari agar karang gigi menghilang dari gigi Anda. Anda bisa mengulangi langkah tersebut sebanyak seminggu sekali, sebab jika terlalu sering dilakukan justru baking soda justru tidak bagus untuk kesehatan gigi.

Baking Soda dan Garam

Selain dengan pasta baking soda, cara selanjutnya yang bisa digunakan sebagai penghilang karang gigi adalah mencampurkan baking soda tersebut dengan garam. Cara merontokan karang gigi dengan baking soda dicampur dengan garam ini mudah sekali. Bahkan banyak orang yang sudah terbukti berhasil menghilangkan karang giginya dengan campuran baking soda dan garam tersebut. Baking soda adalah zat yang bersifat antibakteri begitu pula dengan garam ini sehingga bakteri dan kuman yang menempel pada gigi bisa hilang. Plak gigi yang muncul di dalam mulut pun bisa dihilangkan serta dicegah dengan baking soda dicampur dengan garam ini. Bonusnya adalah gigi Anda akan menjadi putih berseri.

Menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan garam sangat mudah sekali dilakukan, Anda tinggal mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan sepucuk sendok teh garam. Campur menggunakan satu sendok teh air, kemudian aduk sampai tercampur merata. Setelah berubah menjadi pasta, basahilah sikat gigi Anda kemudian gunakanlah pasta tersebut untuk sikat gigi. Gosok gigilah sedikit keras pada bagian gigi yang terdapat karang giginya agar karang gigi tersebut bisa rontok secara sempurna. Agar kuman hilang dengan sempurna berkumurlah dengan air hangat setelah gosok gigi.

Gliserin

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras bisa menggunakan baking soda yang dicampurkan dengan gliserin. Gliserin ini adalah cairan yang kental dan rasanya yang tidak begitu manis, namun gliserin ini juga tidak berwarna. Titik didih gliserin ini cukup tinggi kemudian mampu membeku bahkan bisa dibentuk menjadi pasta. Kebanyakan gliserin ini digunakan sebagai produk kecantikan, perawatan, dan juga digunakan sebagai lotion karena bersifat melembapkan. Asalkan tidak menyalahi aturan gliserin ini termasuk aman untuk digunakan. Selain bisa digunakan sebagai penghilang karang gigi, campuran baking soda dengan gliserin ini bisa digunakan sebagai pencerah gigi dan pembersih gigi secara alami. Berikut ini adalah cara menghilangkan karang gigi dengan campuran gliserin dan baking soda:

  • Ambillah gliserin sebanyak 4 sendok teh.
  • Campurkanlah gliserin tersebut dengan baking soda sebanyak 4 sendok makan.
  • Setelah itu campurkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam secangkir air dan aduk sampai menjadi pasta.
  • Gunakanlah campuran tersebut untuk sikat gigi dan setelahnya Anda harus berkumur sampai benar-benar bersih.
  • Gunakanlah campuran tersebut sebanyak 4 hari sekali. Jangan terlalu sering sebab jika terlalu banyak digunakan nantinya gigi justru bisa menjadi mudah keropos.
  • Untuk pencegahan karang gigi muncul kembali, pengaplikasiannya cukup seminggu satu kali saja.

Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak mengherankan jika saat ini banyak sekali produk kecantikan maupun kesehatan yang bahan bakunya menggunakan lidah buaya tersebut. Selain bisa digunakan sebagai penyubur rambut, lidah buaya tersebut bisa digunakan sebagai penghilang karang gigi. Campuran baking soda dan lidah buaya ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa digunakan siapa saja di rumah. Cara pembuatan ramuannya pun sangat mudah sekali, Anda cukup menyiapkan baking soda sebanyak 4 sendok makan kemudian campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya yang telah di blender atau dihaluskan. Campurkan kedua bahan tersebut agar menjadi pasta yang kental. Gunakanlah campuran baking soda dengan lidah buaya tersebut sebagai pengganti pasta gigi.

Lemon

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan lemon – Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada lemon lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Karena kandungan vitamin C nya yang tinggi tersebut membuat lemon berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan berguna untuk kecantikan. Untuk bisa mengatasi karang gigi ini pun bisa dilakukan dengan menggunakan campuran lemon dengan baking soda.

Cara pembuatannya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan lemon sebanyak satu buah, kemudian peras sari lemon tersebut. Setelah itu siapkan baking soda sebanyak 1 sendok makan. Campurkanlah baking soda tersebut dengan satu sendok makan lemon. Aduk agar tercampur merata, setelah itu tempelkanlah pasta baking soda dengan lemon tersebut kemudian diamkanlah selama 5 menit. Bisa juga Anda menggunakan pasta tersebut untuk gosok gigi. Setelah itu bilas menggunakan air dingin biasa. Yang harus diingat di sini adalah cara ini tidak bisa dilakukan oleh orang yang memiliki gigi sensitif karena justru akan menyebabkan gigi terasa linu dan ngilu. Jika Anda memiliki gigi yang sensitif, Anda bisa menggunakan cara lainnya yang bahannya tidak mengandung citrus.

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan jeruk nipis merupakan alternative lain bagi Anda yang kesulitan untuk menemukan lemon, Anda bisa menggantinya menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis ini lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan lemon, selain itu harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan lemon. Cara menghilangkan plak gigi dengan jeruk nipis dan baking soda ini sangat mudah sekali yaitu dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis yang masih segar, belah jeruk nipis tersebut menjadi dua bagian. Peras dan saring jeruk nipis tersebut sehingga sari jeruk nipisnya tersaring dengan sempurna. Campurkanlah perasan air jeruk nipis tersebut dengan satu sendok makan baking soda kemudian aduk sampai merata. Kumurlah terlebih dahulu kemudian gosokkanlah pasta tersebut ke bagian karang gigi yang Anda miliki. Diamkanlah selama 3 menit kemudian bilaslah menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih dan tidak ada pasta yang menempel.

Minyak Kelapa

Cara membersihkan karang gigi sendiri bisa menggunakan baking soda dengan campuran minyak kelapa. Selain bisa digunakan untuk kesehatan rambut dan menjaga kehitaman rambut, minyak kelapa ini bisa digunakan sebagai penghilang karang gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan minyak kelapa tersebut. Aduk sampai tercampur dengan merata setelah itu oleskan pada bagian karang gigi dan diamkan selama 3 menit. Setelah didiamkan 3 menit segeralah berkumur dengan air dingin sampai tidak ada baking soda yang benar-benar tersisa di dalam mulut. Sebagai alternatif Anda juga bisa menghilangkan karang gigi tersebut menggunakan minyak kelapa tanpa harus dicampurkan dengan baking soda. Caranya yaitu dengan mengoleskan 2 sendok makan minyak kelapa yang dioleskan ke bagian karang gigi kemudian diamkan selama 15 menit lamanya. Setelah didiamkan Anda bisa berkumur menggunakan air hangat. Lakukan cara tersebut secara teratur agar karang gigi yang menempel di gigi Anda segera hilang.

Cuka

Salah satu cara menghilangkan karang gigi yang ampuh adalah dengan menggunakan  cuka. Cuka yang digunakan sebagai bahan campuran makanan tersebut terbukti ampuh untuk menghilangkan karang gigi secara permanen. Selama ini cuka memang dipercaya bisa digunakan dalam hal kesehatan, sayangnya pemakaiannya tidak boleh berlebihan dan disesuaikan dengan takarannya. Selain bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi, cuka ini bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan cuka ini sangat mudah yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan baking soda dengan dua tetes cuka. Campurkan kedua bahan tersebut sampai benar-benar merata. Gunakanlah campuran tersebut untuk sikat gigi dan pengganti pasta gigi. Lakukanlah cara itu sebanyak dua kali dalam seminggu dan lakukan minimal 2 bulan lamanya. Memang hasilnya tidak instan namun jika Anda teratur melakukannya tanpa harus pergi ke dokter Anda sudah bisa mendapatkan hasil yang signifikan.

Bahaya Baking Soda

Baking soda untuk gigi memiliki beberapa macam bahaya jika digunakan berlebihan. Memang sesuatu yang berlebihan tidak bagus untuk kesehatan oleh sebab itu pakailah sewajarnya saja dan perhatikan aturan pakainya. Jangan sampai karena terlalu ingin segera menghilangkan karang gigi, justru dampaknya buruk untuk kesehatan gigi tersebut. Berikut ini adalah beberapa bahaya baking soda yang wajib diperhatikan bagi Anda yang ingin membersihkan karang gigi menggunakan baking soda ini:

Membuat Gigi Mudah Keropos

Salah satu dampak baking soda yang digunakan secara berlebihan bisa membahayakan untuk kesehatan gigi itu sendiri. Baking soda yang kedaluarsa juga bisa menyebabkan kondisi gigi semakin parah. Meski disebut sebagai bahan aditif yang aman namun ada baiknya jangan digunakan secara berlebihan. Sama halnya dengan kue yang terlalu banyak diberikan baking soda rasanya justru akan menjadi aneh. Oleh sebab itu gunakanlah takaran yang sewajarnya.

Menipiskan Enamel

Gigi dilindungi oleh lapisan enamel. Lapisan tersebutlah yang bisa menyebabkan gigi bisa terhindar dari berbagai macam kuman dan penyakit. Sayangnya jika lapisan enamel ini rusak gigi akan mudah sekali berlubang karena sudah tidak ada lapisan yang melindunginya. Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan lapisan enamel ini rusak misalnya saja adalah menggosok gigi terlalu keras, benturan yang keras dan penggunaan bahan yang berbahaya. Salah satu bahan yang bisa berbahaya bagi kesehatan gigi salah satunya adalah baking soda. Baking soda yang terlalu sering menyentuh enamel gigi ini bisa menyebabkan lapisan enamel gigi tersebut menjadi tipis kemudian terkikis habis. Gigi pun akan mudah sekali terkena berbagai macam penyakit misalnya saja mudah keropos dan mudah sekali keropos atau rapuh.

Merusak Warna Alami Gigi

Baking soda memang berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan salah satunya adalah digunakan sebagai pemutih gigi. Ketika baking soda tersebut diaplikasikan terlalu sering ke gigi akibatnya gigi tersebut justru akan menjadi warnanya tidak alami lagi. Warna gigi akan menjadi putih kemudian berubah menjadi kekuningan kembali.

Cara Menghindari Karang Gigi

Agar terhindar dari karang gigi ada baiknya jika Anda menghindari beberapa penyebab karang gigi tersebut. Lebih baik jika mencegah dibandingkan dengan mengobati. Dengan mencegah karang gigi itu artinya Anda mencegah berbagai macam penyakit gigi dan mulut lainnya. Berikut ini adalah cara menghindari atau mencegah karang gigi muncul kembali:

Menggosok Gigi Secara Teratur

Jangan pernah malas untuk menyikat gigi secara teratur. Gosoklah gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan terlalu sering sebab gosok gigi yang terlalu sering justru akan membuat lapisan enamel gigi menjadi rusak dan terkikis. Selain bisa digunakan sebagai pencegah munculnya karang gigi, menggosok gigi secara teratur juga bisa digunakan sebagai pencegah bau mulut dan pencegah gigi berlubang.

Berkumur

Gosok gigi memang sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Namun jika Anda sehabis mengonsumsi makanan berat disarankan untuk berkumur setelahnya. Terutama jika Anda sehabis mengonsumsi daging yang berserat, ketika serat tersangkut di celah gigi sebisa mungkin untuk segera menghilangkannya dengan cara gosok gigi. Jangan menggunakan tusuk gigi sebab tusuk gigi bisa mudah melukai gusi sehingga infeksi gusi bisa terjadi.

Hindari Makanan Penyebab Karang Gigi

Salah satu cara menghindari penyebab karang gigi adalah dengan menghindari penyebab makanan yang bisa menyebabkan karang gigi tersebut. Makanan yang bisa menyebabkan karang gigi adalah makanan manis dan juga makanan yang mengandung tepung. Oleh sebab itu agar terhindar dari karang gigi minimalisirlah makanan-makanan tersebut agar karang gigi tidak muncul. Terutama bagi Anda yang pernah memiliki karang gigi, diwajibkan untuk membatasi mengonsumsi makanan-makanan tersebut agar karang gigi tidak muncul kembali.

Hindari Menggosok Gigi Terburu-buru

Ada beberapa orang yang menggosok gigi dengan terburu-buru sehingga kebersihan gigi tidak terjaga dengan baik. Meskipun Anda sedang terburu-buru sebaiknya menggosok gigilah dengan bersih jangan menggosok gigi asal cepat karena bisa menyebabkan banyak sisa makanan yang masih menempel di celah gigi tersebut.

Untuk bisa menghasilkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda di atas secara teratur sesuai dengan petunjuk pemakaiannya.

8 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi dengan Campuran Baking Soda dan Bahan Lainnya | sehatitu | 4.5