Apa Penyebab Utama Dari Timbulnya Karang Gigi 

Penyebab timbulnya karang gigi sebenarnya bermacam- macam mulai dari pengaruh makanan, hingga kurangnya perawatan. Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh yang paling sering terkena objek asing, salah satunya berasal dari makanan. Apabila Anda kurang memerhatikan kebersihan gigi Anda, Anda akan melihat gigi Anda terdapat tartar atau karang gigi yang menempel. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan gigi Anda. Apabila Anda penasaran apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya karang gigi? Simak tips berikut untuk mengetahuinya!

Apa Itu Karang Gigi?

Perlu Anda ketahui bahwa karang gigi merupakan plak gigi yang mengeras secara perlahan dan akan menumpuk terus pada bagian dari gigi Anda. Plak gigi yang menumpuk dan mengeras akan berubah menjadi karang gigi dan tidak akan bisa dibersihkan dengan cara menggosok gigi saja. Meskipun Anda adalah orang yang rajin membersihkan gigi, plak gigi akan tetap tidak bisa dihilangkan secara tuntas karena terdapat bagian yang terkadang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Bahaya Dari Membiarkan Menumpuknya Karang Gigi

Tidaklah baik apabila Anda membiarkan karang gigi begitu saja dan tidak membersihkannya. Membiarkan karang gigi akan menyebabkan bakteri yang terdapat pada karang gigi akan mengeluarkan asam dan akan membuat gigi Anda keropos. Secara perlahan karang gigi akan mengikis email gigi Anda yang menyebabkan gigi tidak lagi terlindungi. Gigi yang tidak terlindungi akan dengan mudah mengalami pengeroposan.

Selain mampu membuat gigi Anda menjadi keropos, membiarkan karang gigi juga bisa membuat bau yang tidak sedap keluar dari mulut Anda. Bau mulut yang tidak sedap ini muncul dari bakteri yang mengeluarkan kandungan asam dan bertemu dengan sisa makanan yang terdapat pada gigi Anda. Sisa makanan bisa ditemukan pada beberapa bagian yang sulit terjangkau oleh sikat gigi.

Salah satu akibat paling berbahaya yang disebabkan oleh karang gigi berikutnya adalah peradangan gusi. Peradangan gusi atau disebut juga sebagai gingivitis merupakan terbentuknya jarak antara gigi dengan gusi Anda. Celah yang terdapat antara gigi dan gusi Anda merupakan salah satu tempat yang paling tepat untuk perkembangan bakteri, karena bagian itu sulit untuk dibersihkan dan dijangkau dengan sikat gigi.

Apabila Anda membiarkan peradangan gigi tetap terjadi, maka dalam jangka panjang bisa terjadi periodontitis yang akan merusak keseluruhan struktur akar dari gigi Anda yang memungkinkan harus mencabut gigi Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

Cara Merawat Gigi

Sebelum Anda belajar menghilangkan karang gigi, terlebih dahulu sebaiknya Anda belajar cara membersihkan karang gigi. Dengan cara yang paling sederhana sebetulnya bisa Anda terapkan untuk membersihkan gigi Anda dari timbulnya karang gigi. Mulailah dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu kecil khusus yang bisa menjangkau bagian terdalam dari gigi Anda. Kombinasikanlah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung kandungan pengendali tartar.

Setelah Anda membiaskan diri membersihkan gigi, mulailah untuk melakukan flossing secara rutin. Flossing merupakan cara terbaik untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi Anda. Dengan melakukan flossing yang tepat juga akan mengangkat karang gigi yang membandel.

Seimbangkan juga dengan rajin mengonsumsi buah apel dan melon. Kombinasi kedua buah ini mengadung asupan vitamin yang tepat untuk gigi Anda. Kandungan serat yang tinggi juga bisa menjadi salah satu metode untuk menguatkan gigi Anda.

Setelah mempelajari penyebab timbulnya karang gigi, sudah sebaiknya jika Anda mulai untuk melakukan perawatan yang baik dan tepat pada gigi Anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati, karena gigi yang keropos terkadang bisa mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan dan memang sudah seharusnya diobati.

Apa Penyebab Utama Dari Timbulnya Karang Gigi  | sehatitu | 4.5