Bagaimana Pasta Gigi Dapat Menghilangkan Karang Gigi / Tar Yang Sudah Mengeras Sekalipun

Pasta gigi dapat menghilangkan karang gigi / tar yang sudah mengeras – hal yang penting untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah rutin menyikat gigi dengan cara yang benar. Selain itu, pemilihan jenis pasta gigi juga ikut andil dalam menjaga kebersihan mulut anda dan keluarga.

Banyak merek pasta gigi beredar dipasaran yang menawarkan keunggulan produk – produknya. Salah satu diantaranya adalah pasta gigi pemutih, produk ini diperuntukan untuk membersihkan noda – noda pada permukaan gigi. Produk lainnya adalah pasta gigi penghilang plak dan karang gigi yang mengandung senyawa abrasihf dan surfaktan lembut yang berfungsi membersihkan deposit plak dan karang gigi, diantaranya; Herbs Fluoride, Pepsodent Expert Protection atau Colgate Toothpaste Sensitive Multi Protection.

Oleh karena itu, rutin menyikat gigi dengan pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan anda mampu meningkatkan kualitas kesehatan mulut dan menjaga gigi dari kerusakan.

Manfaat Pasta Gigi Penghilang Tartar/ Karang Gigi

Salah satu penyebab utama penyakit gusi berasal dari plak. Plak akan terbentuk dari sisa makanan yang akan melekat disepanjang garis gigi dan gusi. Apabila plak tersebut melekat dalam waktu yang lama meskipun kita telah secara rutin menyikat gigi dan flossing dan menimbun akan terbentuk karang gigi serta menimbulkan resiko penyakit gusi dan bahkan merusak gigi itu sendiri.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, pasta gigi penghilang tartar berfungsi untuk menghilangkan plak semaksimal mungkin dan berfungsi juga untuk mencegah terbentuknya deposit/ penumpukan karang gigi baru setelah menyikat gigi.

Cara Menggunakan Pasta Gigi Penghilang Tartar/ Karang Gigi

Penggunan pasta gigi penghilang tartar akan maksimal hasilnya apabila kita rutin menyikat gigi minimal selama dua menit dan paling sedikit dua kali sehari setelah makan.

Lakukan menyikat gigi dengan cara sebagai berikut :

  1. Awali menyikat gigi dari yang paling dalam, yaitu geraham dan bawah, yaitu dekat tepi gusi dengan posisi sikat gigi membentuk sudut 45 derajat dengan arah gerakan sikat memutar dari atas kebagian bawah gigi sekurangnya 20 detik untuk tiap bagian.
  2. Dilanjutkan dengan pembersihan gigi bagian dalam dan depan, lakukan penyikatan gigi dengan posisi sikat vertikal dengan cara memutar dari tepi gusi hingga ke bagian ujung gigi dan dilakukan minimal 2-3 kali.
  3. Sikatlah lidah anda, dengan cara membalikan posisi sikat anda, yaitu bagian tangkai sikat yang biasanya terdapat gerigi/ gelombang dengan pola arah sikat dari belakang lidah sampai kedepan secara bergantian.
  4. Lakukan total waktu penyikatan gigi minimal 3 menit dengan mengubah arah sesekali dan setelah dirasakan cukup berkumurlah dengan air bersih.

Tips:

– Pastikan tidak menyikat bagian gusi teralu kuat/ keras

– Lakukan pergantian sikat gigi sekurangnya 4 bulan sekali

Pemilihan pasta gigi yang benar yang mampu menghilangkan karang gigi / tar yang sudah mengeras adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan  mulut anda. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dengan rutin menyikat gigi dan selalu memeriksakan secara rutin gigi anda ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Sumber :

www.cnnindonesia.com

www.colgate.com

Bagaimana Pasta Gigi Dapat Menghilangkan Karang Gigi / Tar Yang Sudah Mengeras Sekalipun | sehatitu | 4.5