Inilah 3 Cara Dokter Membersihkan Karang Gigi secara Optimal

Bagi yang memiliki masalah dengan karang gigi, pasti penasaran dengan cara dokter membersihkan karang gigi. Hal ini karena cara yang dilakukan oleh dokter berbeda dengan berbagai cara alami menghilangkan karang gigi. Pasalnya dokter menggunakan alat kedokteran dengan standar kesehatan yang tentunya aman untuk gigi. Lantas bagaimana seorang dokter membersihkan karang gigi? Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Pemeriksaan Kondisi Gigi yang Berkarang

Pada umumnya, sebelum dokter membersihkan karang gigi, mereka akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan tersebut biasanya untuk melihat seberapa parah karang gigi dan kondisi gigi lain sehingga risiko gigi patah dapat diminimalisir selama pembersihan karang gigi. Tak hanya itu saja, dokter juga akan memastikan bahwa gigi gusi pasien dalam keadaan sehat sehingga tak akan mudah berdarah saat proses pembersihan karang gigi dilakukan.

Alat Pembersih Karang Gigi Modern

Setidaknya ada tiga alat yang digunakan dokter untuk membersihkan karang gigi yakni scaler manual, ultarsonik, dan supersonik. Namun saat ini kebanyakan dokter menggunakan scaler ultrasonik karena lebih mudah dan cepat untuk merontokkan karang gigi. Selain itu, scaler ultrasonik juga dapat meminimalisir munculnya rasa nyeri saat karang gigi dibersihkan.

Scaler ultrasonik merupakan sebuah alat yang memang dirancang untuk membersihkan karang gigi bahkan di area yang sulit dijangkau seperti bagian bawah gusi. Alat ini dapat membersihkan karang gigi dengan sangat bersih. Cara kerjanya adalah dengan menempelkan scaler ultrasonik pada bagian karang gigi. Setelah itu, getaran dari alat ini akan memecah karang gigi. Pada ujung scaler ultrasonik terdapat air yang menyemprot untuk mengurangi rasa panas sekaligus membilas karang gigi.

Membersihkan Karang Gigi yang Masih Melekat

Adapun cara menghilangkan plak gigi dan karang gigi yang dilakukan oleh dokter selanjutnya adalah menggunakan scaler manual. Alat ini digunakan untuk membersihkan karang gigi yang masih melekat sehingga hasilnya pun akan semakin maksimal. Biasanya dokter akan menggunakan alat ini pada bagian karang gigi yang telah dibersihkan dengan scaler ultrasonik.

Harga Pembersihan Karang Gigi

Tiga langkah di atas adalah cara yang paling umum dilakukan oleh dokter saat membersihkan karang gigi. Lalu berapa biaya pembersihan karang gigi? Biaya ini berbeda-beda tergantung rumah sakit atau puskesmas terkait. Namun pada umumnya, biaya membersihkan karang gigi berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000 tergantung dari fasilitas serta parahnya karang yang menyerang gigi.

Mencegah Munculnya Karang Gigi

Apabila Anda telah selesai melakukan pembersihan karang gigi, maka saatnya mencegah agar karang gigi tak muncul lagi. Bagaimana caranya? Setidaknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Pertama, perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C serta sayuran yang kaya serat. Hal ini bertujuan agar gusi tetap sehat serta menjaga kebersihan gigi secara alami. Kedua, gunakan dental floss atau benang gigi yang khusus untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Benang gigi dapat diperoleh di rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Ketiga, hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi kopi. Mengapa? Karena rokok dapat membuat kesehatan gigi berkurang. Sedangkan kopi menyebabkan munculnya plak gigi yang apabila dibiarkan akan menjadi kerak atau karang gigi.

Setelah mengetahui langkah dokter dalam membersihkan karang gigi seperti di atas, maka jangan ragu untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter. Pada umumnya, pemeriksaan gigi dilakukan selama 6 bulan sekali. Demikian ulasan tentang cara dokter membersihkan karang gigi.

Inilah 3 Cara Dokter Membersihkan Karang Gigi secara Optimal | sehatitu | 4.5