Simak Proses Terjadinya Karang Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda tahu bagaimana proses terjadinya karang gigi sebenarnya? Karang gigi atau Bahasa medisnya adalah dental calculus merupakan plak gigi yang mengeras secara perlahan dan menumpuk terus pada bagian dari gigi. Plak gigi yang menumpuk dan mengeras akan berubah menjadi karang gigi dan tidak akan bisa dibersihkan dengan cara menggosok gigi saja. Yuk simak bagaimana proses berlangsung dan terjadinya karang gigi berikut ini.

Langkah Terbentuknya Karang Gigi

Karang gigi terbentuk melalui proses di mana ada plak gigi (kotoran gigi) lunak berada dalam sela-sela gigi Anda. Plak ini tidak dapat dibersihkan karena sulit dijangkau saat sedang menggosok gigi. Plak yang tidak dapat dibersihkan tersebut akan menempel dan mengeras pada gigi yang disebabkan oleh pengendapan mineral. Air liur, makanan, dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari juga mengandung kalsium dan fosfat juga merupakan faktor utama pengendapan plak pada gigi. Plak gigi itulah yang akan menyebabkan terbentuknya karang gigi.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhi terbentuknya karang gigi, seperti kondisi air liur, diet, cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, posisi gigi geligi di dalam rahang dan kondisi sitemik serta riwayat medis. Cara merawat gigi agar terhindar dari karang gigi adalah rajin menyikat gigi sehari dua kali menggunakan sikat yang kecil dan lembut. Penggunaan sikat yang kecil akan memudahkan untuk membersihkan sela-sela gigi. Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk membersihkan sela-sela gigi agar lebih maksimal.

Mengunyah Di Bagian Gigi Tidak Berlubang

Secara alami, manusia akan mengunyah dibagian gigi yang tidak berlubang. Tahukah Anda bahwa saat Anda mengunyah dibagian sisi lain yang tidak berlubang, maka gigi yang berlubang akan kekurangan stimulasi air liur yang dibutuhkan oleh gigi. Saat Anda mengunyah di bagian sisi yang tidak berlubang, ini akan menyebabkan bertambahkan plak gigi yang semakin menumpuk. Oleh karena itu, Anda harus mengunyah secara bergantian. Hal ini bertujuan agar gigi Anda dapat menerima asupan air liur yang baik untuk gigi. Hal ini merupakan salah satu cara merawat gigi paling sederhana yang bisa Anda coba.

Akibat yang Ditimbulkan Karang Gigi

Mungkin terlihat biasa saja jika terjadi karang gigi pada gigi Anda, namun perlu Anda ketahui jika karang gigi dibiarkan terlalu lama, maka lambat laun akan semakin parah yang menyebabkan infeksi pada gusi. Selain itu karang gigi dapat memengaruhi jaringan penyangga di sekitar gigi seperti tulang pipi, gusi, bahkan pembuluh darah pada gigi. Menipisnya jaringan penyangga dan infeksi sudah sampai pada lapisan gigi atau tulang alveolar, justru akan menyebabkan gigi menjadi goyang bahkan lepas.

Selain itu, karang gigi dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi. Pada karang gigi terdapat bakteri yang memproduksi asam, asam inilah yang menyebabkan kerusakan pada email gigi. Email gigi merupakan lapisan terkeras yang melindungi gigi bagian luar, jika email gigi mengalami kerusakan, maka jaringan lain di dalamnya tidak ada yang bisa melindungi gigi. Hal ini yang akan menyebabkan terjadinya pengeroposan gigi. Oleh karena itu jangan menganggap enteng karang gigi, karena jika tidak segera diatasi akan menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatan dan gigi Anda sendiri.

Jika karang gigi pada gigi Anda sudah sulit dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan obat kumur, maka cara membersihkan karang gigi yang lebih optimal adlaah dengan mengunjungi dokter gigi dan melakukan konsultasi secara mendetail. Dokter gigi akan mampu untuk membersihkan karang gigi membandel.

Proses terjadinya karang gigi pada setiap orang itu berbeda-beda. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengatasi karang gigi pada gigi Anda. Semoga Anda bisa memulai dengan merawat gigi untuk kesehatan Anda.

Simak Proses Terjadinya Karang Gigi yang Perlu Anda Ketahui | sehatitu | 4.5